Pengemasan dan promosi produk fungsional

Supaya produk fungsional yang kita produksi dapat berhasil laku dipasaran perlu beberapa strategi marketing yang perlu kita terapkan, diantaranya yaitu pembuatan kemasan yang menarik dan promosi yang bisa mempengaruhi pilihan konsumen pada produk-produk fungsional dari bahan limbah yang kita produksi.

Pengemasan dan promosi produk fungsional

KEMASAN UNTUK PRODUK FUNGSIONAL
Barang-barang yang merupakan produk fungsional setelah selesai dari proses produksi kemudian kita kemas sedemikian rupa untuk dipasarkan. Kemasan untuk produk fungsional dapat berfungsi untuk melindungi dari kotoran dan memudahkan untuk distribusi dari tempat produksi ke tempat penjualan. Kemasan produk fungsional yang baik dilengkapi dengan identitas dari produk tersebut dan keterangan cara penggunaan produk.

PROMOSI PRODUK FUNGSIONAL DARI LIMBAH
Untuk memperkenalkan kepada calon konsumen dan pelanggan baru tentang produk fungsional yang kita produksi dapat melakukan beberapa kegiatan promosi. Kegiatan promosi yang kita lakukan bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan pengetahuan kepada calon konsumen tentang keunggulan dari produk yang kita produksi. Selain itu promosi juga berusaha mengajak dan mempengaruhi masyarakat agar membeli dan memakai produk kita.

PERENCANAAN WIRAUSAHA PRODUK FUNGSIONAL DARI LIMBAH
Perencanaan untuk berwirausaha dapat kita tuangkan dalam suatu produk usaha.Supaya lebih jelasnya silahkan perhatikan penjelasan berikut ini :

1. Skema proses wirausaha produk dari limbah 
Limbah yang jumlahnya melimpah dan sering menimbulkan masalah baru yang ada disekitar kita dapat dijadikan bahan baku dalam pembuatan berbagai produk fungsional yang memiliki nilai artistik, estetis dan ekonomis serta berdaya saing tinggi. Di dalam wirausaha produk dari limbah secar umum skema prosesnya sama dengan skema proses yang terjadi pada wirausah kerajinan lainnya. Meliputi : riset pasar, hasil riset, pengembangan produk, hasil rancangan, proses produksi, produk, distribusi dan pemasaran, pasar, evaluasi. Hanya saja terdapat perbedaan pada proses pengerjaannya atau proses produksinya.

2. Proposal usaha
Setelah kita melakukan riset pasar dan berhasil menangkap peluang usaha yang memiliki prospek yang bagus dan segmen pasar yang luas maka selanjutnya kita membuat perencanaan wirausaha produk fungsional dari limbah tersebut. Wirausaha pada dasrnya adalah kegiatan pengelolaan sumber daya usaha yang meliputi :

a. Man (manusia)
b. Money
c. Material (bahan)
d. Machine (peralatan)
e. Method (cara kerja)
f. Market (pasar)

Supaya ide usaha yang telah kita buat konsepnya yang meliputi perencanaan pengelolaan seluruh sumber daya serta pelaksanaan usaha tersebut dapat diketahui dan dipelajari oleh pihak lain yang dapat kita ajak untuk melakukan kerjasama usaha maka perlu kita tuangkan dan tuliskan dengan bahasa dan kalimat yang jelas, menarik, baik dan benar di dalam proposal usaha. 
Proposal usaha pada dasarnya berisi tentang :

a. Deskripsi prusahaan
b. Pasar dan pemasaran
c. Aspek produksi
d. Aspek keuangan.
Baca juga : Produk elektronika kendali otomatis

No comments for "Pengemasan dan promosi produk fungsional"